» Detail Berita

Rabu, 04 Oktober 2017 - 11:39:12 WIB
Kritisi Kondisi Negara, Teater16 Masuk TV
Diposting oleh : yuspianal inmtihan
Kategori: Artikel - Dibaca: 344 kali

Mei lalu, Teater16 (divisi teater ARMONICA#16) berkesempatan tampil di Seleparang TV. Sebanyak lima belas orang pemain menampilkan drama musical bertajuk Negeri paling Super. Selama 15 menit, kelima belas pemain tampil dengan karakter binatang, di antaranya kijang, kelinci, kura-kura, sapi, macan, ayam, dan bebek.

Pementasan dengan konsep fable ini ditulis dan disutradarai langsung oleh Bung Iyus, yang juga menjadi dosen di Prodi Sendratasik, Universitas Hamzanwadi.

Pementasan ini menjadikan kondisi negara sebagai sasaran tembak yang disampaikan secara sarkastik. Kondisi Indonesia yang carut-marut dibalik 180 derajat. Pendidikan yang tidak merata, hukum yang tumpul ke atas dan tajam ke bawah, lingkungan yang dieksploitasi secara berlebihan, perekonomian yang sulit ditampilkan secara terbalik. Indonesia, dalam pementasan ini, muncul sebagai negara dengan sistem pendidikan yang baik, adil, alam yang terjaga (asri dan lestari), ekonomi yang baik dan sehat.

Kondisi yang didekonstruksi ini dijadikan sebagai sebuah doa. Doau ntuk Indonesia yang semakin memprihatinkan. Hal ini mengambil konsep Low of Attraction. Apa yang kita pikirkan, alam akan menyerapnya, kemudian menjadikannya nyata.

 

Semoga….(Na)



« Mengangkat Lokal Wisdom, Cerpen Kontemporer dilirik Suara NTB Dosen Sendratasik Berpartisipasi dalam Pameran Seni Instalasi Tubub dan Kehadiran »

Berita Terkait

Ke Atas